Jumat, 25 September 2009

Kedengerannya sih suru sayangin…

Nah inilah awal mula gw ketemu dengan dia yang akhirnya gw aminkan, menjadi tulang rusuk gw..

Jadi ceritanya dimulai saat gw lagi mau belajar untuk ujian Antropologi. Waktu itu gw masih duduk di kelas 3 SMA, dan ebtanas uda di depan idung. Secara gw bersekolah di sekolah yang sangat TOP, (walaupun angka-angka gw ga cukup TOP, bahkan seringnya TOP dari bawah….hehehehe) yang berjudul SMUK 1 BPK PENABUR Jakarta, yang berdomisili di JL Tanjung Duren Raya No. 4 ini (wadhu sekalian promosi ni.., tapi sekalian juga memberi PERINGATAN: BILA ANDA INGIN MASA REMAJA YANG CERAH, PENUH SENYUM DAN RIANG GEMBIRA, lebih baik jangan masuk ke sekolah yang satu ini.

Jadi…waktu ityu ike sedang asik membaca literature yang bejibun ntu’ di depan kipas angin yang membuat mata jadi merem melek. Eh ga taunya ada suara terdengar, yang pasti, dan amin ini bukan suara setan yaaa..(melalui beragam pergumulan dan doa yang panjanggg dan lamaa). Suara itu bilang gini “ Yael, sayangin Yos, ya”. Sembari garuk-garuk kepala, gw yang bener-bener bingung itu makin bingung, secara gw lom kenal banget sama ni makhluk adam yang bernama lengkap Ebed Yosua Lamorahan. Eittt…sebelumnya gw certain dulu yaa proses gw minta tulang rusuk yang satu ini.

Jadi….ko tiap paragraf mulanya jadi mulu yaaa. Ya udah deh ga apa yang penting bisa dipahami dengan baik dan benar hehehehe… jadi waktu gw udah mulai bisa mengatasi yang namanya sakit hati ini… yang sebenarnya hanya memakan waktu 3 hari setelah gw minta semua akar pahit, dendam, marah dan sedih yang mengisi hati gw selama kurang lebih 3 tahun, diambil sama Tuhan dan jreng jreng….jreng. Gw sembuh total, ga pake balik ke rumah sakit dan harus ngulang resep *lho*. Tapi sebelumnya ada tips supaya kita bisa sembuh dari yang namanya sakit hati:
1. Mengampuni. Mengampuni ini bukan berati melupakan. Tapi adanya rekonsiliasi diri. Kenapa butuh rekonsiliasi diri? Dan bukan rekonsiliasi dengan orang yang nyakitin kita? Karena orang yang pernah patah hati, apalagi karena dikhianati, akan mengalami yang namanya ga percaya diri, ga layak dicintai, ga berharga dan lain sebagainya. Oleh karena itu melihat diri sebagai sesuatu yang berharga di mata Tuhan adalah hal pertama yang perlu kita lakukan. Kita ini layak untuk dicintai loh, MAU BUKTI ? Tuhan Yesus mau mati buat kita semua karena Dia cinta sama kita. Ga ada manusia di dunia mau mati buat orang yang dicintai tapi ga mencintai dia. How special we are!!!! Mengampuni juga berarti kita mau terus berhubungan dengan dia. Ga marah-an, ga dendem, ga juga ampe nyantet segala, itu mah bukan mengampuni namanya. Mengampuni juga ternyata berarti memberi kesempatan, dan mendelete total segala kesalahan dari ‘Recycle bin’ kita. Dan bukan menumpuknya hingga recycle bin kita penuh!
2. Membuka hati kembali. Ciri-ciri orang yang udah bisa berekonsiliasi dengan dirinya sendiri adalah. Ia siap untuk melangkah ke depan. Ia siap untuk melangkahkan kaki ke lembaran yang baru dan bukan hidup dalam ketakutan dan bayang-bayang masa lalu.
Nah kalo udah bisa mengatasi yang namanya sakit hati, barulah kita bisa melangkah ke tahap selanjutnya. Memang yang namanya menyembuhkan patah hati itu ga bisa seperti membalikan telapak tangan atau menjentikan jari kita kaya Jinny Oh Jinny. Pemulihan yang termasuk pengampunan dan membuka hati itu butuh proses. Kaya saat kita nanem jagung, kan ga ujug-ujug tuh jagung tumbuh kan? Yang penting adalah kita mau ga? Bukan kita bisa ngaak? Kita kan punya Tuhan yang super dasyat, yang bisa nyembuhin dengan sekejap mata. Tapi untuk urusan macam ini, kita juga memegang peran penting di dalamnya. Oleh karena itu membuka hati kita buat Tuhan juga merupakan langkah yang penting dan utama.

Nah lanjut deh ceritanya… waktu udah bisa lepas dari yang namanya jerat sakit dan patah hati, akhirnya gw memberanikan diri untuk minta sama Tuhan. Sambil malu-malu kaya kucing minta ikan, gw bilang gini “ Tuhan, saya udah bosen pacaran, boleh ya saya minta suami?” wahhhh gile juga yaa anak kelas 3 SMA udah minta suami…. Jangan ditiru deh!! Kecuali udah bener-bener siap…. Udah gitu JRENG….JRENG…JRENG….kembali ke scene yang pertama: yaahh terdengarlah suara dari langit-langit kamar (engga gitu banget si), yang pasti gw bisa mendengar suara itu bergaung di hati dan pikiran gw. Tentu dengan pergumulan juga yaa. Yang pasti kalo suara Tuhan itu akan buat hati kita damai dan bukan jedak-jeduk ga karuan yaaa.

Disinilah masalah pertama timbul: yaitu ketika akika melihat bahwa makhluk adam yang bernama Yosua itu terlalu pendiam buat akika yang ruammee buangget kaya petasan (yang bunyinya agak ngebas, soalnya suara gw ga cempreng-cempreng amat, malah bisa disandingkankan dengan para idola cilik loh …hehehehe).

Balik ke laptop, yahh gitu deh karena gw ngerasa Yos itu pendiemmmm banget. Jadi akhirnya gw bilang gini sama Tuhan: “ Tuhan bila Yos memang bakal jadi suami Yael, pasti prosenya panjangggg banget yaaa, abis dia kaya ga terbiasa untuk ngomong, bisanya Cuma senyum plus ngangguk-ngangguk tidak berarti. Kan jadi bingung, musti mulai dari mana. Secara saya kan perempuan gensi dong kalo ngomong duluan.” Dan percaya tidak percaya, saudara-saudari sekalian, nggak nyampe 3 hari tuh anak tiba-tiba nelpon ke rumah. Gimana gw ga kaya disamber petir bertegangan 10.000 watt. Kalo di kartun-kartun tuh muka udah item kayanya karena gosong dan rambutnya juga uda jabrik banget kali yaaa….

Tapi itulah kenyataan yang terjadi. Dan nggak nyampe seminggu tepatnya tanggal 6 Juni 2002, makhluk yang pemalunya amit-amit itu nelpon an bilang “El, gw ga tau harus ngomong gimana, binggung, gw takut nyinggung perasaan lo!” (coba anda semua membayangkan bila cowo inceran ngomong begitu, apa yang akan anda pikirkan pertama kali di otak anda sekalian? Karena yang ada di otak gw adalah: BUSET GW SALAH APA SAMA DIA, JANGAN JANGAN DIA MARAH MA GW, ATO DIA NYANGKA YANG MACEM-MACEM TENTANG GW, WADUH….MATI DEH GW!!

Kata-kata selanjutanya yang bikin adem ayem sekaligus kesamber petir lagi “Gw udah doain lo selama ini, sejak kita pertama kali ketemu, gw cuma mau bilang kalo gw sayang banget sama lo!” mau tau apa yang gw rasain waktu itu? Jantung gw langsung lemesss, gak karuan deh rasanya, yang pasti udah mau pingsan dan rasanya ini semua cuma mimpi.
Tapi ternyata bukan mimpi, asli…..dan nyata!!!
Jadilah kami meresmikan hubungan kami tepat pada tanggal 6 bulan 6 tahun 02, tepat pukul 6 sore. Nah untuk akhirnya sampai pada kata-kata penembakan, banyak proses loh yang harus dilalui, jalanan yang terjal,berbatu, berbukit, musti naek turun lembah dan jurang, palung, musti nyelam ke dasar laut dan manjat gunung tertinggi, yahh ga gitu-gitu amat sih….hueheheheheue. Tapi tiga tahap di bawah ini harus, wajib, dan kudu dijalanin:
1. Biarkan Tuhan menentukan apa yang baik buat kita. Bukan berarti saat kita minta tulang rusuk yang tepat, kita ga bisa kasih criteria yang cocok loh! Criteria apapun dapat kita ajukan kepada Tuhan tentunya yang rasional dongg! Jangan minta yang mukanya campuran Keanu Reves dan Tom Cruise, dan punya body yang aduhai kaya Arnold Swasanaseger. Waduhh itu mah namanya keterlaluan, ngaca dulu euy….!!! Yang pasti Tuhan pasti bakal kasih yang terbaik dan kasih yang bener-bener bisa melengkapi kita sebagai manusia cieeehh.. oh iya dengan membiarkan Tuhan bekerja, berarti kita juga ga boleh kekeuh (kata orang sunda mah!) alis ga boleh keras hati. Pokoknya ike mau nyang begini dan begitu!! Ga terima yang lain!! Dengan kekeuh sama keinginan kita sendiri, berarti secara langsung kita tidak memberikan kesempatan bagi Tuhan untuk bekerja loh…
2. Doakan dan gumulkan. Apa yang kita inginkan harus terus kita doakan dan gumulkan. Karena kadang apa yang Tuhan tunjukkan kepada kita, tidak kita pahami. Selain itu, yang namanya manusia yang juga masih punya nafsu sendiri, kadang apa yang kita inginkan berbaur dengan apa yang Tuhan inginkan. Alhasil kita ga tau, ini adalah keinginan Tuhan atau jangan-jangan naluri kita saja. Jadi jangan pernah ragu untuk meminta petunjuk lebih dari Tuhan. (btw: ada yang bilang kalo minta tanda sama Tuhan itu berarti kita nantang Tuhan atau malah mencobai Tuhan! Ingat yang paling penting itu motivasi, kalo memang motivasinya untuk mencobai Tuhan yahh pasti dah berdosa. Tapi kalo motivasinya adalah rindu untuk mendapatkan yang terbaik dari Tuhan yahh… Tuhan juga pasti mengerti! Ingat juga beberapa nabi yang sering kali berseru kepada Tuhan untuk meminta kepastian. Kepastian itu penting sekali bagi para nabi, karena nama Tuhan akan menjadi jelek ketika ternyata apa yang dinubuatkan oleh mereka ternyata salah hanya karena mereka terlalu PD, BAHAYAA KANNN?)
3. Tunggu!! Ini terakhir tapi paling penting. Tuhan kan bukan kaya pelayan di Mc Donald, pesen, tunggu beberapa detik dan makanan siap disajikan. Ga gitu kali. Kalo memang Tuhan berkehendak hari itu juga jadi yah pasti jadi. Tapi kalo Tuhan bilang besok, lusa, taon depan, ato mungkin 20 tahun lagi yaaa kita musti nunggu. Yang pasti KITA MUSTI BERSEDIA MENUNGGU HINGGA WAKTU TUHAN TIBA! Jangan maksa, kenapa? Karena mungkin Tuhan punya alesan yang baik ketika mempertemukan kita lebih dini (kaya gw) atau entah berapa tahun lagi. Yang pasti kita akan mengambil begitu banyak hikmah dan tentunya berbahagia pada saat kita tau apa alasan Tuhan menyuruh kita menunggu hingga waktunya tiba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar